August 1, 2018 3:54 am
Masa-masa Pra Kesuksesan Pak Bob Sadino

Pak Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga yang sebenarnya hidup serba berkecukupan. Dia adalah anak bungsu dari lima bersaudara.

Pada waktu usianya menginjak 19 tahun orang tuanya meninggal dan dia mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan oleh orangtuanya, dimana ayahnya adalah seorang guru kepala di SMP dan SMA Tanungkarang.

Pak Bob kemudian berencana untuk menghabiskan sebagian hartanya yang didapat dari orangtuanya itu untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya tersebut, Pak Bob singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun.

Di sana, dia bekerja di Djakarta Lylod, kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed

Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indonesia. Dia membawa serta 2 Mercedes miliknya, buatan tahun 1960-an. Salah satunya dia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan sementara yang lain tetap dia simpan.

Setelah beberapa lama tinggal dan hidup di Indonesia, Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena dia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri.

Kembali ke tanah air tahun 1967 setelah bertahun-tahun bekerja di Eropa Pak Bob hanya punya satu tekad, yaitu bekerja mandiri.

Pekerjaan pertama yang dilakoninya setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang dia miliki, dia sendiri yang menjadi sopirnya. Namun sayang, suatu ketika dia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah.

Karena tidak punya uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi tukang batu. Gajinya ketika itu hanya Rp100. Dia pun sempat mengalami depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya.

Padahal, kalau dia mau, istrinya, Soelami Soejoed, yang berpengalaman sebagai sekretaris di luar negeri, bisa menyelamatkan keadaan. Tetapi, Bob tidak mau istrinya yang bekerja, dia berkata bahwa ”Sayalah kepala keluarga. Saya yang harus mencari nafkah.”

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai sosok Pak Bob Sadino sebagai seorang pengusaha?

 

August 1, 2018 3:47 am
Raih Sukses Di Usia Muda Dengan 10 Kiat Sederhana

 

1. Tidak Takut Hidup Susah

Kegagalan adalah pintu keberhasilan. Mereka yang berhasil merasakan manisnya sukses di usia muda paham akan hal ini. Bukan berarti bahwa tak pernah gagal, malahan berkali-kali bangkit dari kegagalan membuat mental kita makin teruji. Alhasil, kesusahan dalam hidup bukan jadi halangan malah memacu semangat untuk terus mencoba.

2. Kerja Keras yang Cerdas

Kerja keras itu wajib, sementara kerja cerdas juga harus agar usaha keras yang kita lakukan bisa efektif dalam meraih target yang kita inginkan. Mereka yang sukses di usia muda bisa menggabungkan kerja keras dan kerja cerdas untuk menjadikan dirinya mampu menaklukan hambatan guna meraih impian.

3. Bersahabat dengan Risiko

Semua orang paham bahwa dengan menjadi pengusaha ada kemungkinan untuk mendapat penghasilan lebih banyak. Tapi, untuk jadi pengusaha yang mapan bukan berarti tidak ada risikonya, malahan menurut beberapa survei,  untuk menjadi pengusaha Anda harus siap melakoni pekerjaan yang penuh dengan risiko. Untuk mereka yang kini sudah sukses di usia muda, manajemen risiko jadi menu pembelajaran sehari-hari yang tak pernah lelah untuk terus dikuasai.

4. Memilih Pendidikan Sesuai Minat dan Bakat

Pendidikan yang berkualitas adalah modal yang baik bagi seseorang untuk meraih impian. Anak muda yang punya visi kedepan yang jelas akan memilih pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Dengan cara ini, harapannya tentu saja, pendidikannya akan bisa mendukung perkembangan usaha atau apa saja yang dilakoni agar berkembang maksimal dari masa ke masa.

5. Berusaha Menyisihkan 25% dari Pendapatan Pertahun

Mereka yang sukses sejak usia muda sangat terbiasa mencanangkan diri untuk menabung. Tidak main-main karena dengan disiplin menyisihkan 25% dari pendapatannya pertahun maka akan ada simpanan untuk menghadapi kebutuhan di masa-masa sulit. Ataupun juga untuk hal yang lebih besar seperti investasi pada properti atau pengembangan usaha.

6. Menggunakan Tabungannya Untuk Investasi

Bukan sekedar menabung, mereka yang sukses di usia muda juga menjalankan uangnya melalui skema pasar modal. Dengan cara seperti ini, modal pasif yang Anda setorkan akan menjadi modal aktif yang keuntungannya dapat dipergunakan untuk membiayai banyak hal.

7. Berinvestasi pada Properti

Berinvestasi pada properti seperti rumah atau apartemen juga menjadi salah satu hal yang jadi ciri pengusaha muda sukses. Mereka menyadari bahwa investasi yang demikian bisa membawa keuntungan setelah melepas masa lajang dengan menempati rumah sendiri.  Aset properti ini juga bisa dijual untuk kebutuhan lainnya. Perlu diketahui bersama bahwa setiap tahunnya harga properti mengalami peningkatan sebesar 15-20%.

8. Bergabung dengan Asuransi Untuk Proteksi Diri

Tak hanya dari segi investasi aktif, para pengusaha muda idealnya juga harus aktif melindungi diri dengan produk asuransi. Mereka menyadari bahwa dengan memberikan proteksi diri lewat asuransi maka ketergantungan jika terjadi risiko jatuh sakit atau masa tua sudah tak perlu lagi menjadi sumber kekhawatiran.

9. Tidak Boros dan Gampang Tergiur Teknologi Baru

Realitas hari ini yang banyak di ikuti oleh kaum muda adalah tingginya biaya belanja produk teknologi semacam gadget dan sebagainya. Padahal ini sebenarnya kontra produktif. Tak kurang dari itu, kebanyakan kaum muda yang berhasil sukses saat masih berusia belia malahan tidak berpikir demikian. Mereka melihat gadget sebagai sarana pendukung kegiatan yang bersifat kebutuhan dan bukan sebagai keinginan yang jadi bagian gaya hidup.

10. Fokus dan Punya Integritas

Kiat yang terakhir ini yang paling mendasar untuk menunjang sukses di usia muda yaitu fokus dan mengedepankan integritas. Mereka tidak akan main-main untuk meraih kesuksesan dengan kerja keras dan telaten dalam menjalankan bisnisnya.

May 31, 2018 1:58 am
Jalan Tikus, Cara Mudah Belajar Matematika
admin
347
347

Tingginya tuntutan pemerintah untuk merealisasikan salah satu program pemerintah yaitu SDG’s (Sustainable Development Goals) terutama dalam bidang pendidikan membuat Mahasiswa Fakultas MIPA ( FMIPA UB).

Baca lebih…

May 31, 2018 1:53 am
Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Juarai National Governance Day 2018
admin
347
347

Dalam memperingati National Governance Day, Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran (UNPAD) mengadakan Kompetisi Inovasi Kebijakan Publik Kelas Pemuda Bersinergi National Governance Day 2018.

Baca lebih…

  • Category

  • Follow Us

  • recent Posts